Header Ads

  • Breaking News

    Belajar Bahasa Pemrograman C++ untuk Pemula



    Pertanyaan paling mendasar, apa itu C++

    Singkat cerita, C++ merupakan bahasa pemrograman yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan pada awal tahun 1970-an. Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara bahasa C++ dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming sedangkan c merupakan bahasa prosedural. Secara umum, pemrograman dengan bahasa C menggunakan 2 konsep, yaitu data dan algorithms. Data merupakan bahan yang akan diolah, sedangkan algorithms adalah metode pengolahan.

    Tapi bagaimanapun juga, penggunaan bahasa prosedural seperti C sangat tidak efisien untuk pembuatan software skala menengah ke atas. 
    Terlalu banyak perulangan, percabangan, dan kode yang harus kita ketikan. Kemudian bahasa C ini dikembangkan ke tingkat lebih lanjut yaitu bahasa C yang berorientasi object yang disebut dengan C++.

    Struktur dan Bagian-Bagian C++

    Sebenarnya, anda bisa saja memakai aplikasi text editor biasa kemudian menggunakan aplikasi compiler banyak tersedia di internet. 
    Ada banyak sekali vendor yang telah menyediakan software lengkap untuk anda baik berbayar maupun gratis, silahkan download dan install terlebih dahulu.

    Silahkan buka program editor anda, dan ketikkan kode berikut:

    #include <iostream>

    int main()
    {
    std::cout << "Welcome to C++";

    return 0;
    }

    Dan bandingkan dengan kode barikut ini:


    #include <iostream>
    using namespace std;

    int main()
    {
    cout << "Welcome to C++";

    return 0;
    }

    Perlu diketahui bahwa kode di atas adalah kode standar C++, kedua kode diatas akan menampikan hasil yang sama namun penulisannya saja yang sedikit berbeda.
    Sebelum mempelajari program ini lebih lanjut, ada baiknya jika kita mengenal beberapa sintaks/coding tersebut.

    Header dan Fungsi main()

    Header adalah tempat dimana kita akan memasukkan library yang ada pada C++ kedalam kode program. Sedangkan Fungsi main() sebagai program utama.

    Jika anda melihat kode pada baris pertama terdapat kode #include <iostream>.

    Tanda ‘#’ adalah preprocessor directive.

    Preprocessor directive adalah perintah – perintah yang diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, memasukkan file library, dll.

    Jadi kita akan memasukkan (include) library iostream ke dalam program. iostream adalah header yang dibutuhkan untuk “kegiatan” input dan output.

    using namespace std; berfungsi untuk memberitahukan kepada kompiler bahwa kita akan menggunakan semua fungsi, class atau file yang terdapat pada memori namespace std.

    Kita tidak perlu mengetikan std::cout untuk mencetak output namun cukup menggunakan fungsi cout saja, karena telah menggunakan using namespace std;

    main() berfungsi sebagai badan sebuah alur kondingan atau disebut sebagai program utama yang ditulis antara kode { hingga }.

    Penulisan Dalam Bahasa C++

    Penulisan dalam bahasa C++ adalah case sensitive. Yang berarti, C++ akan membedakan huruf kecil dan kapital.


    #include <iostream>
    using namespace std;

    const double pi = 3.14159;
    const char newline = '\n';


    int main ()
    {
    double circle;
    double r = 5.0; //radius
    circle = 2 * pi * r;
    cout << circle;
    cout << newline;
    }

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad