Header Ads

  • Breaking News

    Visibot Series 2: Visilife

    Ini masih robot sederhana. Robot yang diberi nama Visilife ini termasuk kelompok robot bergerak (mobile robot) analog. Nama Visilife merupakan singkatan dari very simple light follower. Mengenai pengendaliannya, Visilife boleh dikelompokkan robot kendali manual, tetapi bisa juga semi otonomos.

    Visilife dirancang untuk bergerak menuju sumber cahaya, sesuai dengan namanya light follower yang menggunakan prinsip kerja rangkaian saklar cahaya sederhana. Sensor cahaya yang digunakan adalah dioda foto (photodiode). Apabila dioda foto dikenai cahaya dengan intensitas tertentu, maka nilai resistansi menurun sehingga ada arus mengalir menuju resistor variabel 10 kΩ. Sebagian arus dialirkan menuju kaki basis transistor BD139 yang difungsikan sebagai saklar elektronik untuk menyalakan motor. Begitu kaki basis (B) transistor BD139 mendapatkan arus yang cukup, maka arus dari kaki kolektor (C) dapat mengalir menuju kaki emitor (E) sehingga motor bekerja.


    Robot Visilife berjalan mengikuti sumber cahaya.





    Sementara itu, lampu LED yang disertakan hanyalah sebagai aksesori atau indikator. Oleh karena itu, LED dapat ditiadakan atau agar tampak lebih menarik bisa diganti dengan LED banyak warna yang berkedip-kedip.
    Gambar rangkaian elektronika untuk Visilife ada artikel Robot Visilife.
    Mudah, bukan? Aayo, beli buat sendiri robotmu!

    Sumber : kampungrobot.web.id

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad